An advertising strategy is a campaign developed to communicate ideas about products and services to potential consumers in the hopes of convincing them to buy those products and services.Advertising strategy, jika dikemas secara rasional dan ‘smart’ bakalan memberikan dampak efisien secara budget (nggak perlu membabi buta buat iklan), dan bahkan bisa mendukung tujuan utama dari perusahaan seperti peningkatan market share, earnings etc…!!! Focus dari advertising strategy adalah untuk mencapai 3 goal atau tujuan utama yaitu :
- Mempromosikan kepada konsumen agar aware terhadap bisnis, product dan atau jasanya. Contoh nyata adalah tentang bebek injeksi… !!! Honda tetap saza mengiklankan hal tersebut even penjualannya toh nggak seberapa… dibandingkan dengan honda revo atau vario… !!! Yang dikejar adalah message… gue yang pertama bikin injeksi di bebek… !!! So.. jika suatu saat ada merk lain bikin dibebek.. langsung bisa dijatuhkan bahwa… oaaalaagh.. udah bassi…!!!
- Mendorong peningkatan penjualan terhadap barang yang diiklankan dan thuz… diusahakan mengambil konsumen kompetitor lain. Nah ini jelas lagi terlihat, dengan pengkondisian bebek sportz baru… !!! Beda khan dengan revo yang baru atau vario yang baru… !!! Sewaktu revo rapat-rapat ditutup… barang ada dipasaran baru iklan…!!! Tetapi bebek sportz… belum ada launching sudah ada iklannya di TV.. !!! Pengkondisian ini memang penting, sehingga waktu launching tinggal konsumen udah paham… nggak perlu diajarin lagi…!!!
- Meningkatkan citra perusahaan sekaligus brand image…!!! Lha ini memang penting… karena citra laagh… semacam ‘intangible advantage’ yang turut mendukung kesuksesan penjualan suatu product…!!! Coba aza.. kalau bukan brandnya honda… mungkin dari kemaren-kemaren.. udah KO dihantam persaingan yang cukup ketat…!!! Citra ini… melekat dari dulu… dari sejak honda cub.. dimana yang lain masih pada tiaraap…!!!
Coba simak iklan.. yang terdapat di TV sebagai salah satu media yang paling efektif untuk advertising…!!! Yamaha sampai kuartal I tahun 2008 berusaha memberikan iklan macem gathering ramai-ramai… (lihat advertising sampai motor diturunkan dari parasut pesawat)… ini memberikan message bahwa ini lho… yamaha banyak yang milih…!!! Ditambah lagi jargon ‘Semakin didepan’… message nya juga jelas… dari sisi penjualan lagi ngudaaak si honda… dari sisi teknis juga mau dibilang.. banyak lho inovasi yang dilakukan…!!!Sebaliknya, Honda pun nggak mau ketinggalan… !!! Udah nggak mau lagi… ngeluarin jurus.. ‘Honda mengerti akan kebutuhan saya’… ataupun jargon ‘irit’…!!! Yang diusung..
adalah tema style… dari iklan revo… vario (I’m Vario .. what about u ?)… sampai iklan motor bebek baru… plus di website motorimpian.com …!!! Kenapa coba dinamakan motorimpian… ??? Kenapa juga nggak disebut.. motorkeren.com ataupun motortop.com etc…??? Yagh karena message nya adalah thiez is a dream bike…!!! A dream bike itu ada faktor differensiasi… dan kalau ada kesempatan… pasti mau ditubruk… !!! Lha iyaa laagh… kalau ditanya wanita mana yang paling cantik yang mau dipacari… yaagh pastinya miss universe… !!! Mosok tukiyem… ??? So… sebenernya masih banyak laggi yang bisa dibahaz… bahkan lebih detail element apa yang kudu diperhatikan dalam advertising strategy…!!! But karena gue nuliznya juga pake strategy… jadi gue cukup kan sekian pembahazannya… lain waktu dilanjut.. oke…???



Tidak ada komentar:
Posting Komentar