Selamat pagi, siang, sore or malem sob. Bulan Suci Ramadhan telah tiba nih sob. Met menunaikan ibadah puasa buat yang puasa. Buat yang nggak puasa, hormatilah mereka yang puasa. Dan sebaliknya buat yang puasa, hormatilah pula mereka yang tidak berpuasa. Jangan lupa jaga kesehatan tubuh. Beberapa minggu ke depan pastinya pada mau mudik kan? Or malah mau dimudik’in? Ya mungkin aja. Kadang boring juga kan nunggu saat – saat alias detik – detik buka puasa. Daripada bosen mending ngelakuin perawatan – perawatan ringan aja buat motor… Kalo ngakunya bikers sejati, pasti kegiatan ngerawat motor dilakuin dengan kesadaran sendirilah. Ada pepatah mengatakan “what you do is what you get”. Simpelnya, yo nek motor terawat, performane pasti bagus. Nek nggak kerawat, ya bisa nggak bagus n kalo ini bad habit diterusin, bisa ngambek ntar motornya.
Oke langsung aja. Ada beberapa hal yang tergolong mudah, yang bisa dilakuin sambil ngabuburit. Yaitu :

Melumasi rantai roda. Kalo pelumasan di rantai baik, rantai nggak cepet kendor. Pelumasan rantai roda di motor – motor baru jaman sekarang ini sangat perlu diperhatikan. Kenapa? Karena hampir atau bahkan semua motor, sekarang udah pakai tutup rantai yang semi terbuka. Otomatis debu dan cipratan air bisa ngotori rantai. Kalo nggak dibersihin n dilumasin, rantai bisa karaten. Apalagi pas musim hujan. Air hujan bersifat korosif. Jadi setelah motor kehujanan n maen air di jalan, ada baiknya itu rantai roda disikat terus dilumasi.

Kedua, beberapa bagian pada setang sepeda motor juga butuh pelumasan. Contohnya bagian tombol untuk lampu sein pada sebelah kiri dan handel gas pada sebelah kanan. Tombol atau switch untuk lampu sein sesekali perlu dilumasi atau disemprot dengan cairan penetran karena mudah kemasukan debu. Handel gas juga butuh pelumasan biar narik gas nya tetep enteng.

Ketiga, spakbor belakang sepeda motor umumnya kan pada baret-baret alias lecet tuh karena sering ketabrak. Yah, maklumlah, di jalan rame kan motor sering dipaksa untuk late braking. Jadi nubruk deh motor yang ada di belakangnya. Untuk mengatasi baret, nggak bisa pake compound. Karena cat pada spakbor belakang jenisnya khusus. Salah satu cara yang mudah adalah dengan mengecat spakbor belakang menggunakan pilok atau cat semprot.
Oke, sekian tips ngabuburit dari saya… Makasih dah berkunjung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar